Basis Data Milik KPAI Diduga Bocor dan Dijual di RaidForums

Fabian Pratama Kusumah . October 21, 2021

Foto: IT Web

Teknologi.idAda dua kumpulan basis data yang dikabarkan milik Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) ditawarkan di forum jual beli data, Raidforums.

Basis data tersebut diunggah oleh akun C77 pada 13 Oktober 2021 dengan tajuk “Leaked Database KPAI (kpai.go.id)”.

C77 memberikan sampel data untuk menarik pembeli. Untuk membeli dua kumpulan basis data itu yang berukuran 12,4 MB dan 24,5 MB.

Pembeli harus memiliki saldo “16 credits” karena masing-masing basis data senilai “8 credits”.

Untuk membuktikan kebenaran isi database tersebut, C77 memberikan sampel data. Adapun isi dari sampel data yang diberikan memuat identitas penting yang rentan dieksploitasi.

Sebab isinya berupa nama, nomor identitas, kewarganegaraan, telepon, HP, agama, pekerjaan, pendidikan, alamat, email, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, provinsi, kota, dan usia.

Kemungkinan besar database yang bocor adalah laporan pengaduan masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia. Pun begitu belum bisa tervalidasi kebenaran akan hal tersebut.

Meski sebagian kecil di antaranya tidak terisi lengkap, mayoritas data sangat lengkap, termasuk alamat rumah dan NIK KTP.

Data-data seperti ini sangat rentan dieksploitasi oleh penjahat siber, di antaranya dipakai untuk serangan email phishing, penipuan online, atau pendaftaran layanan online, dan lain-lain.

Foto: Cyberthreat

Baca juga: Upaya Facebook Dalam Menghentikan Kebocoran Dokumen Internal

Dilansir dari Cyberthreat, Kemungkinan besar data ini berupa laporan pengaduan masyarakat ke KPAI terkait dengan kekerasan atau pelecehan terhadap anak.

Tampak terlihat teks yang menunjukkan dialog pelecehan anak perempuan dari seorang laki-laki dewasa.

Meskipun begitu,  belum bisa dipastikan secara pasti apakah data tersebut valid diambil dari situs web kpai.go.id.

Namun, di portal KPAI memang terdapat kolom pengaduan online. Daftar isian dari kolom pengaduan tersebut serupa dengan kolom tabel yang dibocorkan di forum jual beli data tersebut.

Sampai saat ini KPAI belum memberi klarifikasi terkait dugaan bocornya data miliknya tersebut.

 (fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler