Steam Melarang Seluruh Game Berbasis Kripto dan NFT

Sulthon Reza . October 21, 2021



Foto: Steam


Valve baru-baru ini mengeluarkan berita yang cukup mengejutkan yang berisi larangan pada para developer untuk tidak mengeluarkan game yang menggunakan teknologi blockchain atau membiarkan pengguna bertukar NFT atau cryptocurrency pada platform mereka yaitu Steam. 


Secara khusus, Steam memperbarui daftar “Apa yang tidak boleh Anda publikasikan di Steam”. Perubahan itu ditunjukkan oleh SpacePirate, seorang developer yang mengerjakan game berbasis NFT, yang mengatakan bahwa perubahan itu karena perusahaan tidak mengizinkan item game yang dapat memiliki nilai dunia nyata. Selain itu, Steam juga bisa menghindari kontroversi dengan langkah tersebut.


Ini bukan pertama kalinya Steam mengeluarkan keputusan yang cukup kontroversial. Sebelumnya Steam pernah membuat keputusan mengenai game dengan konten seksual. sayangnya pada kasus game NFT banyak orang kurang menghargai keputusan tersebut.


Foto: Twitter


Mungkin bisa dimengerti mengapa Steam ingin menghindari NFT di platformnya. Selain pembelaan yang dikutip oleh SpacePirate bahwa mereka dapat memiliki nilai dunia nyata (yang tampaknya agak lemah, mengingat komunitas game telah melakukan microtransaction seperti skin pada game CS:GO dan topi di game Team Fortress 2), NFT dan game berbasis kripto memiliki reputasi kurang baik. 


Game saga Evolved Apes yang terkenal di mana seorang pengembang menjual NFT dengan janji bahwa mereka akan dimasukkan dalam game fighting tetapi tampaknya mereka malah mengambil keuntungan untuk diri mereka sendiri. Ada beberapa konsep permainan yang berpotensi menarik yang menggunakan NFT, tetapi sulit untuk mengetahui berapa banyak dari game tersebut yang cocok untuk Steam meskipun diizinkan.


Pendekatan Steam dan Epic yang berbeda menyoroti fakta bahwa platform apapun yang memoderasi konten kemungkinan harus membuat keputusan tentang apakah mereka ingin mengizinkan aplikasi atau game untuk menjual NFT


(MSR)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler