Jenis-Jenis E-Commerce yang Perlu Anda Ketahui

Sagara Technology . December 09, 2021


Dengan hadirnya layanan digital di era ini, banyak hal yang bisa kita lakukan. Mulai dari aktivitas belajar online, bersosial media, hingga melakukan transaksi online. Jika berbicara mengenai transaksi online, biasanya tidak terlepas dari istilah e-commerce. E-commerce merupakan proses transaksi jual beli yang dilakukan secara elektronik (via online) tanpa toko fisik.

Banyak layanan digital yang berkembang. Tidak hanya sosial media dan marketplace. E-commerce pun mengalami perkembangan. Perkembangan e-commerce tidak hanya sekedar toko online saja. Jika dilihat dari bentuk model bisnisnya, berikut jenis-jenis e-commerce:

1. Business to Business (B2B)
Transaksi e-commerce ini dilakukan antara para pelaku bisnis. Dimana, baik pembeli maupun penjual merupakan pelaku bisnis. Umumnya, transaksi yang dilakukan bersifat berkesinambungan. Contohnya yaitu supplier bahan baju yang melakukan transaksi dengan pelaku usaha pembuat baju.

2. Business to Consumer (B2C)
Jenis transaksi e-commerce ini biasanya paling umum diketahui. Transaksi jual beli online dilakukan antara penjual dan konsumen akhir. Umumnya, transaksi yang dilakukan bersifat eceran. Contoh E-Commerce B2C yang populer di Indonesia, seperti Lazada, Bhinneka, dan Traveloka.

3. Consumer to Consumer (C2C)
Transaksi e-commerce yang dilakukan antar konsumen. Contoh C2C yang populer di Indonesia, seperti OLX dan Forum Jual Beli Kaskus.

4. Consumer to Business (C2B)
Jenis transaksi ini merupakan kebalikan dari model B2C. Dimana transaksi jual beli dilakukan dari konsumen kepada perusahaan. Contoh dari model transaksi ini seperti situs freelancer. Dimana perseorangan bisa menawarkan jasanya kepada suatu perusahaan.

5. Business to Administration (B2A) dan Consumer to Administration (C2A)
Transaksi ini terjadi antara perusahaan/konsumen kepada pihak administrasi publik. Jenis transaksi ini melibatkan lembaga pemerintah. Salah satu contohnya yaitu pembayaran pajak dan BPJS.

6. Online to Offline (O2O)
Model bisnis ini menggabungkan antara media online dengan offline. Dimana aktivitas online dilakukan untuk menarik pembeli agar melakukan transaksi via offline.

Itulah jenis-jenis e-commerce yang perlu anda ketahui. Sebagai pemilik bisnis yang akan melakukan ekspansi ke media digital. Anda perlu memahami model e-commerce mana yang paling sesuai. Jika anda berencana membuat situs e-commerce untuk usaha anda. Namun, anda masih bingung mengenai cara membuat dan mengelolanya. Anda bisa mengunjungi Sagara Technology untuk menghubungi terkait pembuatan website e-commerce.

author0
teknologi id bookmark icon
author

Sagara Technology

Your Company

Tinggalkan Komentar

0 Komentar