Mirip AirTag, Google akan Segera Rilis Smart Tag untuk Android

Aliefa Khaerunnisa . April 02, 2022

AirTag Android  Smart Tag akan Segera Hadir

Foto: pixabay

Teknologi.id - Google sedang mengerjakan smart tag untuk Android. Ini adalah fitur yang memungkinkan ponsel Anda mendeteksi jika ada pelacak pintar yang tidak dikenal di dekat ponsel Anda untuk waktu yang lama.


Ini adalah fitur yang mencegah orang yang berniat jahat menanam pelacak pintar seperti AirTags Apple atau pelacak Tile pada orang yang tidak curiga dan menggunakannya untuk mengikuti lokasi mereka.


Fungsi tersebut ditemukan oleh 9to5Google setelah mendekompilasi APK layanan Play. Kode mengungkapkan baris Peringatan perangkat yang tidak dikenal, diikuti oleh Pemberitahuan Terdeteksi Tag Tidak Dikenal dengan tiga opsi tag cerdas - Tag ubin, tag Finder, dan ATag - dua di antaranya jelas ditujukan untuk AirTags Apple dan pelacak Tile, kami tidak tahu apa Penemu mengacu pada.


Setelah ponsel Anda mendeteksi tag yang tidak dikenal di dekatnya, ia dapat membunyikannya dan memberi tahu Anda tentang keberadaannya.


Apple sudah memiliki fungsi ini di dalam iOS, di mana AirTag akan memutar suara jika dipisahkan dari pemiliknya selama lebih dari 24 jam. Baik Apple dan Tile memiliki aplikasi Android yang dapat mendeteksi smart tag yang tidak sah di dekat ponsel Anda - tetapi itu memerlukan pemindaian manual dan bisa memakan waktu hingga 10 menit.


Memiliki deteksi otomatis yang terpasang di Android jelas merupakan cara terbaik. Kami mengharapkan Google untuk berbagi lebih banyak tentang fitur tersebut pada konferensi I/O pada bulan Mei.


Google belum mengungkapkan detail apa pun tentang fitur tersebut, tetapi petunjuk tentangnya telah ditemukan di versi terbaru Layanan Play (22.12.13). Kode yang didekompilasi dengan jelas merinci "peringatan perangkat yang tidak dikenal" dan "pemberitahuan terdeteksi tag yang tidak dikenal" untuk tag Bluetooth Low Energy (BLE). Bersamaan dengan ini, ia menyebutkan tiga jenis tag — Tag ubin, ATag, dan Tag Finder. Dua yang pertama menunjuk ke AirTag Apple dan Tag Tile tetapi kami tidak dapat mengatakan apa yang dimaksud dengan Tag Pencari.


Segera setelah perangkat Android Anda mendeteksi tag/pelacak yang tidak dikenal, perangkat tersebut akan dapat berdering dan memberi tahu Anda tentang keberadaannya. Fitur ini akan sangat berguna untuk mencegah pelacak ditanam pada Anda atau orang lain yang menemani Anda. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Apple dan Tile memiliki aplikasi Android untuk mendeteksi smart tag yang tidak dikenal di dekat ponsel Anda. Namun, mereka memerlukan pemindaian manual dan tidak secepat itu.


Baca juga: Sanksi Prancis Di Berikan Kepada Google Atas Kontrak Sepihak

Tentang Smart Tag


Dalam postingan “APK Insight” ini, kami telah mendekompilasi versi terbaru aplikasi yang diunggah Google ke Play Store. Saat kami mendekompilasi file-file ini (disebut APK, untuk aplikasi Android), kami dapat melihat berbagai baris kode di dalam petunjuk tentang kemungkinan fitur di masa mendatang. Perlu diingat bahwa Google mungkin atau mungkin tidak pernah mengirimkan fitur ini, dan interpretasi kami tentang fitur tersebut mungkin tidak sempurna. Namun, kami akan mencoba mengaktifkan yang hampir selesai, untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana tampilannya jika mereka mengirim. Dengan mengingat hal itu, baca terus.


Apple merilis "Tracker Detect" pada akhir tahun lalu untuk memungkinkan pengguna Android menemukan AirTags terdekat, sementara Tile meluncurkan solusi serupa bulan ini. Android sekarang tampaknya akan langsung mengintegrasikan fitur pemindaian tag serupa.


Kami masih sebulan lagi dari konferensi Google I/O sehingga kami dapat melihat informasi lebih lanjut tentang deteksi smart tag baru serta kemungkinan perangkat tag dari perusahaan itu sendiri. Saat ini, hanya beberapa produsen yang menawarkan perangkat pelacak pintar termasuk Samsung dengan Galaxy SmartTag-nya.


Ingat saja smart tag ini memiliki jangkauan rendah dan berfungsi dengan koneksi Bluetooth. Ini adalah cara yang baik untuk menemukan barang-barang Anda seperti kunci dan tas, tetapi ini tidak akan berhasil jika tag berada di luar jangkauan dengan ponsel cerdas Anda. Jika Anda menginginkan pelacak GPS, Samsung juga memiliki produk yang sama yang diluncurkan beberapa tahun lalu yang terutama melacak orang-orang seperti anak-anak Anda atau bahkan hewan peliharaan. (aks)

Baca juga: Fitur Baru Google Bantu Kita Temukan Sumber Berita Kredibel

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar