Facebook Bakal Ganti Nama Pekan Depan?

Teknologi.id . October 21, 2021


Facebook. Foto: Hot 107.9


Teknologi.id - Media sosial terbesar dan terpopuler, Facebook, yang telah mengudara sejak tahun 2004 lalu, kini kabarnya berencana akan mengganti nama mereka pada pekan depan. 

Dikutip dari The Verge, Kamis (21/10/2021), sumber yang mengetahui langsung rencana ini, mengungkapkan bahwa perubahan nama ini direncanakan oleh CEO Facebook Mark Zuckerberg bertepatan dengan konferensi tahunan Connect pada 28 Oktober mendatang.

Namun, menurut sumber yang sama, perubahan nama Facebook tersebut bisa saja lebih cepat dari waktu yang direncanakan atau sebelum konferensi Connect.

Perubahan nama Facebook tersebut untuk menyambut fokus terbaru perusahaan membangun ruang digital metaverse. Metaverse adalah lingkungan dan ekosistem virtual bersama yang bisa diakses oleh pengguna secara daring.

Baca juga: Ini Dampak Facebook Down yang Dirasakan Mark Zuckerberg

Tujuannya tentu saja untuk membangun citra baru yang memposisikan aplikasi Facebook sebagai salah satu dari banyak produk di bawah perusahaan induk yang membawahi Instagram, WhatsApp, Oculus, dan lainnya. Sehingga seluruh dunia nantinya akan mengenal Facebook lebih dari sekedar perusahaan media sosial semata.

"Kami akan secara efektif bertransisi dari orang-orang yang melihat kami sebagai perusahaan media sosial menjadi perusahaan metaverse," ujar Zuckerberg, pada Juli lalu.

Baca juga: Upaya Facebook Dalam Menghentikan Kebocoran Dokumen Internal

Facebook bukanlah perusahaan teknologi terkenal pertama yang mengubah nama perusahaannya seiring dengan berkembangnya ambisinya. Pada tahun 2015, Google melakukan reorganisasi sepenuhnya di bawah perusahaan induk bernama Alphabet, sebagian untuk memberi sinyal bahwa itu bukan lagi hanya mesin pencari, melainkan konglomerasi yang luas sebagai perusahaan teknologi raksasa.

Selain Google, Snapchat pun berganti nama menjadi Snap Inc. pada tahun 2016, tahun yang sama dimana mereka mulai menyebut dirinya sebagai "perusahaan kamera" dan memulai debutnya memproduksi sepasang kacamata kamera Spectacles.

Meski begitu, hingga saat ini, pihak Facebook tidak menanggapi isu perubahan nama tersebut. Begitu juga dengan nama perusahaan Facebook yang baru kini pun masih rahasia, dan tertutup rapat.

(dwk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler