Manfaat Ekonomi Digital Untuk Sektor Bisnis

Sagara Technology . December 13, 2021


Photo by Unsplash


Artikel menjelaskan bahwa penggunaan internet masih belum merata berdasarkan wilayah, gender, tingkat kesejahteraan, tingkat pendidikan, dan sektor usaha. Internet juga masih dianggap sebagai sarana komunikasi dan hiburan, dan belum sebagai sarana bisnis secara luas.  Agar perkembangan ekonomi digital di Indonesia dapat berkontribusi secara nyata terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, pemerintah perlu melakukan pembangunan infrastruktur secara merata dari sabang sampai merauke aspek yang harus dibangun pemerintah antara lain jaringan internet dan infrastruktur pendukung, akses dan pemanfaatan internet, transformasi digital, dan jaminan sosial. Pertama, pemerintah perlu mendorong pemerataan jaringan internet beserta infrastruktur penopangnya, terutama di kawasan tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) Indonesia. Kedua, pemerintah perlu memastikan bahwa semua orang mampu mengakses internet dengan harga yang terjangkau dan kualitas jaringan yang memadai.  Pemanfaatan internet juga memerlukan literasi digital, terutama bagi mereka yang selama ini terpinggirkan. Ketiga, pemerintah perlu mendorong transformasi digital yang memicu lahirnya inovasi-inovasi baru melalui digitalisasi dan digitalisasi. Pemerintah juga perlu menjamin kerahasiaan dan keamanan data, serta mengoptimalkan penggunaannya dalam pengambilan keputusan strategis untuk meningkatkan pelayanan. Keempat, pemerintah perlu memfasilitasi akses jaminan sosial bagi pelaku usaha dan pekerja digital untuk menjamin keberlanjutan usaha digital. 

Berikut ini adalah manfaat ekonomi pada sektor bisnis:

1.Terciptanya Berbagai inovasi

Photo by Unsplash

Tidak bisa dipungkiri pesatnya perkembangan teknologi turut mempengaruhi berbagai sektor mulai dari sektor kesehatan sampai sektor ekonomi dan juga bisnis. Dampak positif dari perkembangan teknologi pada sektor bisnis adalah teknologi mampu untuk memutus proses yang panjang menjadi lebih efektif dan efisien tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi perusahaan yang sudah mapan maupun perusahaan yang baru berdiri. Inovasi terbaru adalah diterapkannya Work From Home/ WFH, dengan diterapkannya wfh tentunya akan menghemat biaya operasional kantor seperti pemakaian listrik dll. Bagi karyawan dengan diterapkannya WFH membuat mereka tidak harus bermacet ria untuk menuju kantor sehingga hal tersebut bisa meningkatkan produktivitas karyawan.

2.Meningkatkan Daya Saing Global

Photo by lifepal


Manfaat ekonomi digital bagi negara berkembang berdampak besar pada sektor bisnis. Hal itu  karena negara berkembang memiliki daya saing dan peluang peningkatan produktivitas yang signifikan terkait dengan akses ke produk dan layanan digital yang membantu mengoptimalkan proses dan produksi, mengurangi biaya transaksi, dan mengubah rantai pasokan. Penurunan harga teknologi informasi dan komunikasi (TIK) mendorong investasi dan adopsi teknologi digital di negara berkembang, menyediakan perusahaan mereka dengan layanan mutakhir dengan harga yang kompetitif. Semua ini memungkinkan perusahaan untuk berpartisipasi dalam rantai supply secara global dan secara langsung mengakses pelanggan di pasar luar negeri dengan cara yang sebelumnya hanya dapat dilakukan oleh perusahaan besar dan mapan dari negara maju.


3.Transparansi

Photo by Unsplash

Sebagian besar transaksi dan pembayarannya dalam ekonomi digital terjadi secara online. Transaksi tunai menjadi langka. Ini membantu mengurangi terjadinya tindakan korupsi di pasar dan membuat ekonomi lebih transparan. Bahkan, selama demonetisasi, pemerintah mendorong transaksi online untuk mempromosikan ekonomi bisnis. Karena dengan memanfaatkan teknologi proses bisnis yang awalnya rumit bisa menjadi lebih simpel hal ini tentunya akan mengurangi tindakan korupsi yang dilakukan oleh oknum.

4.Menjangkau Customer dari Berbagai Negara

Photo by Unsplash

Dengan memanfaatkan teknologi kita dapat melebarkan dan menjangkau pasar luar negeri. Dalam hal ini pertumbuhan perusahaan bisa menjadi sangat cepat dan signifikan ketika produk atau jasa perusahaan yang ditawarkan sesuai dengan keinginan customer. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan melakukan promosi menggunakan Fb Ads dan Instagram Ads. Melalui riset terhadap pasar kita dapat menentukan seperti apa customer yang akan kita targetkan oleh iklan perusahaan. Dengan melakukan riset tentunya akan meningkatkan conversion rate dari produk yang akan dipasarkan karena iklan yang ditayangkan lebih tertarget sesuai hasil riset.

5.Hambatan masuk yang lebih rendah

Photo by Unsplash 

Dengan memanfaatkan teknologi seorang wirausahawan  yang memiliki ide inovatif dapat menciptakan produk yang dapat bersaing dengan perusahaan yang sudah mapan. Ekonomi digital telah membawa banyak layanan baru yang tidak terbayangkan sebelumnya, seperti pengiriman makanan online  hingga aplikasi kencan.

6.Fleksibel

Photo by Investor.id


Ekonomi digital memungkinkan perusahaan rintisan / perorangan menyediakan produk sesuai dengan keinginan customer Misalnya, toko tradisional hanya memiliki ruang untuk menyimpan sejumlah baju dengan warna dan ukuran tertentu, tetapi dengan ekonomi digital, konsumen dapat memilih jenis pakaian dan juga warna sesuai dengan keinginan kemudian produk tersebut dapat dibuat khusus sesuai dengan request dari customer. Pada zaman sekarang sudah banyak dijumpai penjual pakaian yang menerima order sesuai dengan request customer. Hal ini tentunya akan meningkatkan pendapatan dari penjual pakaian tersebut alih alih dia menjual baju dari desain sendiri para penjual sekarang membebaskan customer untuk mendesain pakaian mereka sendiri dan nantinya penjual akan mencetak kaos sesuai dengan request dari customer

author0
teknologi id bookmark icon
author

Sagara Technology

Your Company

Tinggalkan Komentar

0 Komentar